Gagal Booting ke Windows XP

Pada saat menghidupkan  komputer kita sering mengalami gangguan dalam booting windows xp sehinggga kita berpikir menginstall ulang windows xp merupakan jalan satu-satunya, itu tidak mesti dilakukan. Ada beberapa penyebab komputer tidak dapat masuk ke Windows. Demikian pula dengan solusinya. Anda bisa mendapatkan solusi atas permasalahan Anda dari pesan kesalahan yang muncul saat boot.

  • Jika pesan kesalahan yang muncul ialah   “Unmountable boot volume” masalah ini disebabkan oleh rusaknya file boot.ini. Cara memperbaikinya lakukan booting dengan CD Windows XP Saat Anda tiba di halaman Setup Windows, tekan huruf [R] untuk menjalankan Recoveri Console. Pilih pilih partisi windows anda dan isi password administrator. Setelah anda masuk ke command Prompt, masukkan perintah chkdsk /p, lulu tekan [enter]. Setelah rutin check disk selesai dilakukan, ketik fixboot lalu tekan [Y] saat muncul konfirmasi. Lanjutkan dengan perintah exit.
  • Jika pesan yang muncul menyatakan file NTLDR tidak ditemukan (NTLDR Missing press a key to reboot), cara mengatasinya: boot dengan CD Windows XP dan masuklah ke Recovery Console dengan menekan tombol [R] di keyboard. Masukkan nomor partisi di mana Windows XP terinstal. Biasanya partisi yang digunakan adalah partisi 1. Setelah itu, masukkan password administrator yang diminta. Lanjutkan dengan masukkan perintah berikut di command prompt:

copy x:\i386\ntldr c:\

copy x:\i386\ndetect.com c:\

Setelah proses perbaikan selesai, ketik exit.

  • Jika pesan kesalahan yang muncul mengatakan telah terjadi kerusakan pada file NTOSKRNL (NTOSKRNL.EXE missing or corrupt), yang harus Anda lakukan mirip dengan sulusi pada permasalahan sebelumnya, yaitu masuk ke Recovery Console dengan CD installer Windows XP Pada command prompt yang muncul, masuklah ke drive CD-ROM Anda dan ketikkan perintah berikut:

cd i386

expand ntkrnlmp.ex_ c:\Windows\system32\ntoskrnl.exe

Kemudian ketik exit.

Apabila Windows Anda tidak diinstal pada c:\ Window, anda dapat menyesuaikannya dengan lokasi instalasi Windows Anda.

  • Jika pesan kesalahan yang muncul ialah hilang atau korupnya file hal.dll, artinya telah terjadi kesalahan konfigurasi pada file boot.ini.yang terdapat pada direktori utama drive C. cara mengatasinya masih sama dengan masalah sebelumnya yaitu melalui Recovery Console. Bedanya, kali ini Anda harus mengetikkan fixmbr. lalu ketik bootcfg/rebuild pada command prompt untuk memperbaiki file boot.ini.

Nah… inilah solusi untuk permasalahan gagalnya booting windows xp, semoga anda berhasil…

10 responses to this post.

  1. Posted by yonce on September 16, 2010 at 6:26 pm

    mas mohon bantuan….laptop sony vaio saya kenapa gak bisa masuk win xp….cuma berhenti dilayar hitam aja….tapi di bios hdd sama ram kebaca semua….balas ke email juga ya mas makasih sebelumnya….!

    Balas

  2. Posted by husein on September 27, 2010 at 4:38 am

    mas, notebook saya del, 2 jam sebelumnya notebook saya g ada masalah trus ketika saya hidupkan lagi,windows kasih tahu bahwa bootingnya melalui recovering dulu (recommended), trus saya pilih itu. saat menjalankan dia masuk windows, sampe pada minta password tapi saat saya mo ngisi password kursornya g bisa gerak, saya coba cari di keyboarnya mungkin tertekan tapi tetep g jalan, saya coba pakai mouse baru bisa. setelah saya arahkan mouse ke tempat untuk nulis password dan ketika mo nulis passwornya ternyata masalah kedua keyboarnya g bisa diketik, haa…sampe disitu perjalanan usaha saya, setelah itu saya hanya bisa tanya apa penyebabnya dan bagaimana solusinya (note: saya dah beberapa kali restart dengan safe mode,commond promt, dan normally tapi sama aja masalahnya) mohon bantuannya …

    thanks

    Balas

  3. Posted by husein on September 27, 2010 at 4:38 am

    mas, notebook saya del, 2 jam sebelumnya notebook saya g ada masalah trus ketika saya hidupkan lagi,windows kasih tahu bahwa bootingnya melalui recovering dulu (recommended), trus saya pilih itu. saat menjalankan dia masuk windows, sampe pada minta password tapi saat saya mo ngisi password kursornya g bisa gerak, saya coba cari di keyboarnya mungkin tertekan tapi tetep g jalan, saya coba pakai mouse baru bisa. setelah saya arahkan mouse ke tempat untuk nulis password dan ketika mo nulis passwornya ternyata masalah kedua keyboarnya g bisa diketik, haa…sampe disitu perjalanan usaha saya, setelah itu saya hanya bisa tanya apa penyebabnya dan bagaimana solusinya (note: saya dah beberapa kali restart dengan safe mode,commond promt, dan normally tapi sama aja masalahnya) mohon bantuannya …(mohon balas ke emailku ya)

    thanks

    Balas

  4. mas, tlg bantuan@ ni.
    Laptop ‘ASPIRE 4741 G’ gagal starting windows
    pesan yg muncul ‘ WINDOWS EROR RECOVERY’
    mhon bantua@ mas.

    Balas

  5. minta batuannya buat memperbaki windows xpku yang tidak mau muncul logo windows xp saat booting,!!
    ada solusi tidak,,
    cuman keluar titik di pojok kiri atas doank lau aq aktifkan.
    tlng bntu

    Balas

  6. Posted by Astuti on April 10, 2011 at 4:51 pm

    maaf mas, mau tanya
    kompt saya saat booting keluar tulisan corrup
    \WINDOWS\SISTEM32\CONFIG\SYSTEM
    saat dimasukkan CD OS Windows nya keluar tulissa DISK BOOT FAILURE, INSERT SISTEM DISK AND ENTER
    gmn cara ngatasinya ya mas?
    tolong di bls lwt email saja …
    terimakasih sebelumnya….

    Balas

  7. thank’s y Om,,
    mmbntu bnget,, sya sngt brtrma ksih,,

    Balas

  8. sangat lengkap mas, makasih….!

    Balas

  9. Posted by dragdanerazor on Juli 19, 2012 at 2:29 am

    mas, kalo saya pemberitahuanya g ada pass di lambang windows, langsung restart kira2 masalahnya apa ya mas, makasih

    Balas

  10. pas bagian mana nya pencet r

    Balas

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

